Pentingkah Kalibrasi Alat Survey bagi Perusahaan?

Pentingkah Kalibrasi Alat Survey bagi Perusahaan? - Kalibrasi diperlukan agar hasil pengukuran alat survey sesuai dengan standar nasional dan internasional. Indosurta Group adalah perusahaan yang fokus menangani kalibrasi alat survey seperti total station, theodolite digital, theodolite manual, automatic level, prisma polygon, tribrach, dan laser level.

Pentingkah Kalibrasi Alat Survey bagi Perusahaan?
Gambar: Kalibrasi Total Station di Laboratorium Indosurta Group


Jika ada pertanyan tentang pentingnya kalibrasi, jawabannya penting sekali. Alat yang sudah dikalibrasi akan menghasilkan perhitungan yang lebih akurat dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Jika perusahaan konstruksi menggunakan alat yang belum dikalibrasi bisa jadi gedung yang didirikan miring. Jika perusahaan developer menggunakan alat yang belum dikalibrasi bisa jadi perhitungan bangunan rumah yang didirikan meleset dari target.

Intinya kalibrasi itu sangat penting bagi perusahaan, untuk menghindari risiko kerugian yang ditanggung perusahaan. Jika perusahaan konstruksi, mendirikan bangunan miring tentu yang disalahkan adalah perusahaan yang bersangkutan. Jika perusahaan salah ukur lahan, lahan yang diukur ternyata masuk dalam lahan warga. Maka ganti rugi akan ditanggung oleh perusahaan yang bersangkutan.

Jangan sampai karena terlalu sayang mengeluarkan uang untuk kalibrasi yang tidak seberapa, kita malah menderita kerugian jutaan rupiah.


0 komentar