Bagaimana Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur Survey?

Bagaimana Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur Survey? - Kalibrasi diperlukan agar hasil pengukuran alat survey sesuai dengan standar nasional dan internasional. Indosurta Group adalah perusahaan yang fokus menangani kalibrasi alat survey seperti total station, theodolite digital, theodolite manual, automatic level, prisma polygon, tribrach, dan laser level.

Bagaimana Cara Melakukan Kalibrasi Alat Ukur Survey?
Gambar: Kalibrasi Total Station di Laboratorium Indosurta Group


Indosurta Group melakukan kalibrasi dengan dua cara. Cara yang pertama menggunakan metode manual dan cara yang kedua menggunakan kolimator. Cara kalibrasi manual ini bisa dilakukan jika kita sedang berada diluar lab seperti sedang dilapangan proyek atau belum memiliki alat kolimator.

Sedangkan kolimator ini bisa digunakan dilaboratorium. Kalibrasi menggunakan kolimator tentunya akan lebih cepat, mudah, dan hasil yang akurat. Kalibrasi menggunakan kolimator digunakan diseluruh cabang Indosurta Group. Dengan volume permintaan kalibrasi alat survey banyak, bisa ditangani dengan cepat menggunakan alat kolimator ini.

Jika harus memilih, hasil kalibrasi manakah yang lebih bagus? Maka jawabannya adalah kalibrasi yang menggunakan kolimator.

Bisakah kita melakukan kalibrasi sendiri? Jawabannya bisa, namun ada baiknya kalibrasi diserahkan kepada yang lebih ahli. Selain itu para ahli kalibrasi akan memberikan saran dan rekomendasi yang terbaik untuk alat survey yang kita miliki.


0 komentar