Apakah Kalibrasi Alat Survey Harus Akreditasi KAN?

Apakah Kalibrasi Alat Survey Harus Akreditasi KAN? - Indosurta Group adalah perusahaan yang fokus menangani kalibrasi alat survey seperti total station, theodolite digital, theodolite manual, automatic level, prisma polygon, tribrach, dan laser level. Selain layanan kalibrasi Indosurta Group juga melayani jual, sewa, servis, konsultasi, training dan tukar tambah alat survey.

Apakah Kalibrasi Alat Survey Harus Akreditasi KAN?
Gambar: Kalibrasi Total Station di Indosurta Group


Apakah kalibrasi alat survey seperti total station, theodolite digital, theodolite manual, automatic level, prisma polygon, tribrach, dan laser level harus sesuai dengan akreditasi KAN?
Jawabannya tidak, di Indonesia banyak penyedia jasa kalibrasi alat survey yang belum terakreditasi KAN. Meskipun demikian hasil kalibrasi yang dihasil kalibrasi akreditasi KAN dan kalibrasi non-KAN ya sama saja. Perbedaannya hanya pada sertifikat kalibrasi dan biaya.

Sertifikat kalibrasi KAN memiliki label bahwa sudah akreditasi KAN. Harga atau biaya kalibrasi akreditas KAN juga lebih mahal dibandingkan dengan kalibrasi non-KAN.

Hasil kalibrasi yang sama, tapi biaya yang murah inilah yang membuat banyak perusahaan dan surveyor yang datang untuk kalibrasi ke Indosurta Group. Lagi pula standar kalibrasi  yang digunakan Indosurta Group juga mengacu pada kalibrasi KAN.

Catatan: Namun jika proyek atau perusahaan mewajibkan untuk menggunakan kalibrasi akreditas KAN maka gunakan jasa kalibrasi yang sudah akreditasi KAN.

0 komentar